Minggu, 30 April 2017

Trik Sederhana Meredam Percikan Minyak Panas Saat Menggoreng



Salah satu hal yang mengerikan saat harus menggoreng ayam atau ikan adalah munculnya percikan minyak panas dari penggorengan. Jika terkena kulit, percikan minyak panas ini akan membuat kulit Anda terbakar. Parahnya terkadang ini akan meninggalkan luka di kulit. 

Namun sebenarnya hal ini bisa dicegah. Jordi Garrido Executive chef Hotel Miramar Barcelona mengungkapkan bahwa percikan minyak saat menggoreng sebenarnya bisa sedikit diredam 'keriuhannya.'

"Gunakan saja garam dapur," katanya saat demo masak paella Indonesia Food Tour di Barcelona, Jumat (27/4). 

"Taburkan garam di atas wajan sebelum menuangkan minyak goreng. Setelah garam ditabur, tuang dan panaskan minyak goreng baru pakai untuk menggoreng aneka makanan."

Hanya saja, penambahan garam ke atas wajan ini, diakui Jordi bukan semata-mata meredam percikan minyak ke kulit. Penaburan garam ke wajan juga akan menambah rasa.

"Garam yang ditaburkan ke wajan akan memperkuat rasa makanan yang digoreng, terutama daging dan ayam," ucapnya. 

Meski penambahan garam ke wajan akan membantu mengurangi risiko percikan minyak, bukan berarti kalau akan sama sekali tak ada percikan. 

Percikan minyak panas akan terjadi jika ada banyak kandungan air dalam bahan makanan yang akan digoreng. Untuk benar-benar menghilangkan terjadinya percikan minyak, Anda harus memastikan kalau bahan makanan yang akan digoreng, tak lagi mengandung air. 

Jika harus menggunakan trik garam, pastikan garam yang Anda pakai tidaklah terlalu banyak agar makanan tak jadi asin.  (sumber: CNN Indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar