Rabu, 24 Mei 2017

Persiapan Sail Sabang 2017



Sail Sabang 2017 akan berlangsung akhir November hingga awal Desember 2017, tetapi persiapan sudah mulai dipacu. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mulai mematangkan persiapan Sail Sabang 2017 dengan melakukan kunjungan kerja di kawasan Teluk Sabang pada Rabu (24/5). Sejumlah lokasi yang akan menjadi tempat acara bertaraf internasional itu dicek kesiapannya.

Rombongan Kemenpar yang dipimpin Sekretaris Menteri Pariwisata Ukus Kuswara mendatangi beberapa tempat di kawasan Teluk Sabang yang rencananya bakal menjadi lokasi acara puncak Sail Sabang 2017.

"Saat ini kami mulai memasuki tahap pematangan persiapan Sail Sabang 2017. Beberapa lokasi kami datangi untuk dicek sejauh mana kesiapannya," ujar Ukus di kawasan Teluk Sabang, Pulau Weh, Aceh.

Ukus mengatakan, hasil kunjungan kerja yang dilakukan rombongan Kemenpar hari ini akan dibahas lebih lanjut dalam rapat koordinasi dengan jajaran pejabat Dinas Pariwisata Aceh dan Sabang, selaku instansi daerah yang mengetahui rincian kondisi di lapangan.

Beberapa pertimbangan yang dikaji dalam kunjungan kerja kali ini berkaitan dengan kesiapan dan kelayakan lokasi, serta keamanan tempat dari cuaca laut di kawasan Teluk Sabang.

Tim Kemenpar bakal merembukkan lokasi puncak acara dengan beberapa opsi, yakni kawasan pelabuhan Container Terminal (CT) 1, CT 2, CT 3, dan kawasan Sabang Fair.

"Masih belum diputuskan. Nanti kami akan evaluasi dalam rapat koordinasi untuk menentukan di mana tempat acara puncak," kata Ukus.

Sail Sabang 2017 dijadwalkan berlangsung di Sabang, Aceh, pada 28 November-5 Desember. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan di empat lokasi, yaitu Teluk Sabang, Sabang Fair, Gapang Resort, dan juga KM 0 (nol).

Acara puncak gelaran Sail Sabang 2017 nantinya akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Pada acara puncak akan ditampilkan sejumlah kegiatan seperti tarian kolosal Laksamana Malahayatu, dan Tall Ship Parade dengan melayarkan KRI Bima Suci dari Spanyol.



Kegiatan lainnya yang akan digelar antara lain adalah Jambore Iptek International Free Diving Competion, Sabang Underwater Contest, Sabang Carnival, Kapal Pemuda Nusantara. 

Selain itu, ada pula Aceh Culinary and Coffee Festival, Sabang Wonderful Expo and Marine Expo, Sales Mission Cruise Operator and Yacht, dan seminar Wisata Bahari. (bpp/cnni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar