Sabtu, 25 Maret 2017

Pemkab Tobasa bakal Gelar Even Bertaraf Internasional



Medan: Tiga kegitan bertaraf internasional akan diselenggarakan Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, pertengahan 2017. Pemerintah daerah menargetkan 1 juta wisatawan menghadiri perhelatan akbar itu. 

Bupati Toba Samosir Darwin Siagian mengungkapkan, tiga kegiatan tersebut yakni, perlombaan kayak, kejuaraan arung jeram tingkat dunia, dan karnaval Danau Toba. "Kegiatan akan dilakukan pada bulan Juli, Agustus dan September. Arahan pak presiden Karnaval Danau Toba dilakukan setiap tahun," kata Darwin, Kamis 23 Maret 2017.

Darwin menegaskan, untuk kejuaraan arung jeram tingkat dunia akan dihadiri 800 orang dari seluruh negara. Dalam penyelenggaraan arung jeram itu, Pemkab Tobasa akan bekerjasama dengan Kabupaten Asahan.

"Jadi limahari Pemkab Tobasa, lima hari Pemkab Asahan," jelasnya.

Lokasi arung jeram yang berada di Kabupaten Tobasa ini pun termasuk tiga besar dunia. Darwin meyakini, even yang akan dilakukan tersebut menarik perhatian wisatawan mancanegara untuk datang ke Danau Toba. 

Untuk mempermudah akses para wisatawan, akan dilakukan pembangunan Bandara Sibisa, selain itu landasan Bandara Silangit juga akan diperlebar dari 2.400 meter ke 2.600 meter.

Direktur Badan Otoritas Danau Toba Arie Prasetyo yang juga hadir menyatakan, Kabupaten Tobasa memang cukup unggul di dalam pariwisata. Untuk mewujudkan 1 juta wisatawan mancanegara pihaknya pun akan mendorong percepatan pembangunan berbagai akses lainnya. 

"Kami upayakan Bandar Silangit jadi bandara internasional. Untuk menambah akses ke Danau Toba  Kami juga mendorong agar frekuensi kereta api dari Medan ke Siantar ditambah. Rencananya ada penambahan, nantinya ada enam frekuensi," kata Arie. 

Dirinya juga mengusulkan kepada Pemkab Tobasa agar lebih sering menggelar malam kesenian seperti yang digelar di PRSU. Jika dilakukan rutin akan menjadi daya tarik wisatawan datang ke Danau Toba.  

"Seperti diadakan pertunjukan tari adat Toba untuk memancing wisatawan. Seperti pertunjukan tari kecak di Bali," ucap Arie. (sumber: metrotvnews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar