Minggu, 26 Maret 2017

Mendes PDDT Dorong Desa Kembangkan Pariwisata



 Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo mendorong desa-desa untuk mengembangkan potensi pariwisata yang dimilikinya.

"Itu karena pariwisata salah satu yang bisa mempercepat lapangan kerja," katanya usai meresmikan pasar kawasan perdesaan di Desa Widarapayung Wetan, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah dikutip dari Antara, Minggu 26 Maret 2017.

Ia mengatakan, banyak desa memiliki potensi pariwisata yang cukup bagus termasuk kulinernya. Ini bisa dikembangkan dengan membuat even yang menarik perhatian turis.

"Kalau bisa, bikin homestay, bikin event. Misalnya mountain bike," katanya.

Menurut dia, mountain bike atau sepeda gunung tidak perlu kondisi jalan yang bagus karena bisa melalui jalan setapak. Dengan adanya homestay dan kegiatan kepariwisataan, kata dia, bisa memberikan tambahan penghasilan bagi desa.

Dia mencontohkan Desa Ponggok di Kabupaten Klaten, Jateng, yang sebelumnya termasuk desa tertinggal menjadi maju karena industri pariwisatanya.

"Berawal dari mengelola kolam renang, keuntungan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Ponggok tahun lalu mencapai Rp10,3 miliar. Padahal, dana desanya, alokasi dana desa, plus dari provinsi dan kabupaten enggak sampai Rp2 miliar," jelas dia.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Eko berdialog dengan warga sambil menikmati kuliner khas Banyumasan berupa tempe mendoan dan kopi di sebuah warung belakang pasar. (sumber: metrotvnews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar