Sabtu, 03 Juni 2017

Wisata Ikan di Sungai Cengek Tingkir Lor Salatiga Jateng




MEMELIHARA ikan di dalam sebuah kolam itu biasa. Tetapi ikan justru terlihat berkeliaran di sebuah sungai di kampung Cengek Tingkir Lor Salatiga. Puluhan ikan berukuran besar dengan berat antara 3-7 kg itu bisa hidup tanpa dipelihara secara khusus. Anehnya, ikan-ikan itu tidak pergi dari tempatnya meski tanpa diberi pembatas. Padahal arus air di sungai itu cukup deras,
Bahkan ikan-ikan itu aman tidak ada yang mencuri, mancing, maupun menjaringnya. Tidak hanya ikan hias seperti ikan koi yang terkenal dengan keindahan warnanya, namun ikan yang biasa dikonsumsi seperti ikan nila, dan ikan lele dumbo bule bebas berenang di sungai yang berair jernih itu. Sungai Cengek itu merupakan sungai yang mengalir sepanjang tahun. Sumber airnya berasal dari mata air Senjoyo yang sebagian untuk kebutuhan air minum PDAM, sebagian debet airnya mengalir ke sungai ini.
Munib (60) warga setempat menuturkan, berawal dari menyebar benih ikan kecil, dengan memanfaatkan sungai sepanjang hampir 500 meter di depan rumahnya itu, kini usahanya membudidayakan sejak enam tahun membuahkan hasil. Kini sungai dihuni ikan-ikan besar berukuran 50 centimeter hingga satu meter itu, kini menjadi perhatian banyak orang yang melintas.
Ikan-ikan itu bisa jadi karena sungai tersebut memang terbebas dari polusi mau pun pencemaran sehingga ikan-ikan itu pun dapat hidup dengan baik di sungai tersebut. Warga sekitar pun enggan untuk menangkap guna dikonsumsi. Mereka membiarkan ikan-ikan itu bebas berkeliaran sehingga menjadi tontonan.
“Saat ini hampir setiap hari tempat itu dikunjungi warga. Para pengunjung tak dipungut biaya saat ingin melihat kejernihan air dan lenggak-lenggok berbagai ikan berukuran besar,” katanya.
Menurut Munif, ikan-ikan tersebut tidak pernah pergi dari tempatnya. Walau pun saat air meluap, ikan itu akan terbawa arus sungai, dan kembali ke tempat semula.
Hanik (35), warga Tingkir penasaran terhadap ikan-ikan yang bisa hidup alami dengan ukuran besar tetapi tidak hilang dari tempatnya. Ia bersama keluarganya mengunjungi lokasi tersebut dan mengapresiasi kegiatan positif warga sekitar Cengek yang mampu mempertahankan keberadaan ikan-ikan itu.
“Apa yang dilakukan warga disini cukup bagus. Anak-anak menjadi senang melihat ikan-ikan besar. Warga di sini juga bisa menjaga dan memanfaatkan melimpahnya sumber air yang mengalir di sungai tersebut. Ini juga bisa menjadi bukti bahwa kota ini memang bersih dari kotoran limbah atau racun,” katanya. (sumber:suaramerdeka.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar