Jumat, 30 Juni 2017

Obama Kunjungi Candi Prambanan Ingat Masa Kecil




Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama mengajak keluarganya berlibur ke Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Saat melihat anak kecil berfoto. ia terkenang masa kecil yang juga pernah menjejakkan kaki di kompleks candi berusia ratusan tahun itu.

Ketua Unit Candi Prambanan Manggar Sari Ayuwati, yang mendampingi Obama berkeliling Candi Prambanan, mengatakan, saat masuk ke kompleks candi, Obama melihat ada anak kecil yang sedang berfoto. Saat itulah Obama bercerita bahwa ia juga pernah di tempat tersebut dan berfoto. Obama mengatakan saat itu ia masih kecil. 

"Pas di Candi Nandi, dia ingat. Dia cerita pernah ke sini waktu kecil. Dia lihat ada anak kecil di situ, kemudian dia bilang dia pernah ke sini dan foto," kata Manggar Sari di Candi Prambanan, Kamis (29/6/2017).

Obama dan rombongan berjalan-jalan di Prambanan selama sekitar 1 jam. Masih hangat dalam benak mantan orang nomor 1 di negara adidaya itu akan rupa reruntuhan Prambanan.

"Dia masih ingat waktu kecil dulu. Dia juga dulu lihat runtuhan-runtuhan, masih ingat. Jadi ini kedua kalinya di Prambanan," ucap Manggar.

Sekitar 1 jam di kompleks Candi Prambanan, dia melihat semua candi. Semuanya ia sambangi, dari Candi Brahma, Siwa, Wisnu, hingga Nandi. Kemudian Obama juga memperhatikan relief-relief dengan teliti dan memfoto-fotonya. 

Obama pernah tinggal di Indonesia pada 1967-1971. Ayah tirinya, Lolo Soetoro, berkebangsaan Indonesia dan meraih gelar sarjana di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. (aaa/dtk)

1 komentar:

  1. k mau nanya, kalau kita ngambil sesuatu yang ada di candi prambanan untuk dibawa pulang akan ada masalah gak yah??

    Rental Mobil Jogja

    BalasHapus