Kamis, 08 Juni 2017

Destinasi Wisata Goa Sunyaragi Cirebon




\Salah satu destinasi wisata di Cirebon yang terkenal adalah Taman Sari Goa Sunyaragi. Kompleks goa tersebut dikenal sebagai tempat peristirahatan Kasepuhan Cirebon dan telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Serang. 
Taman Sari Goa Sunyaragi berlokasi di Jalan Brigjen AR Dharsono, Kota Cirebon, Jawa Barat. Wisatawan dapat melihat arsitektur goa yang terbuat dari batuan karang, dengan bangunan pelengkap layaknya taman.
Sebagian besar area Goa Sunyaragi adalah tempat terbuka. Anda akan langsung merasakan sengatan sinar matahari khas pesisir utara Jawa.
Oleh karena itu, bawalah pelindung kepala. Topi sangat membantu, juga sunblock dan kaca mata hitam.
Taman Sari Goa Sunyaragi punya beberapa goa yang bisa dimasuki oleh wisatawan. Beberapa goa tersebut bernama Goa Peteng, Goa Pengawal Goa Pawon, Goa Arga Jumut, dan lainnya.
Pintu goa didesain rendah, sehingga Anda harus menunduk saat memasukinya. Agar tidak terantuk bangunan dan bagian atas pintu yang terbuat dari karang tajam, selalu waspada saat memasuki goa.
Selain itu, terdapat pula beberapa kolam dengan kedalaman hingga lima meter. Jika membawa anak-anak, awasi pergerakan agar tidak terjadi kecelakaan.
Selama bulan puasa, alangkah baiknya jika Anda datang saat sore hari mulai pukul 16.00 WIB. Matahari di Cirebon cukup menyegat pada siang hari. 
Anda juga diharuskan berkeliling sehingga butuh tenaga ekstra saat menyambangi destinasi ini. (bpp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar