Rabu, 13 September 2017

Puncak Habibie Tempat Perburuan Sunrise di Sukabumi




Bukit Habibie atau Puncak Habibie mengingatkan pada Presiden RI ke-3 BJ Habibie. Memang nama bukit yang biasa untuk melihat sunrise (matahari terbit) di Sukabumi, Jawa Barat ini terkait dengan nama presiden kelahiran Pare-Pare Sulawesi Selatan itu.   
Bukit Habibie adalah jalan tertinggi yang menghubungkan Sukabumi dengan Kabupaten Lebak (Banten). Lokasi tepatnya adalah di Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Pelabuhan Ratu. 
Puncak ini berada di ketinggian sekitar 380 mdpl. Tempat ini disebut-sebut menjadi spot terbaik menikmati sunrise di Sukabumi. Panoramanya langsung menuju lautan biru. Kapal nelayan yang hilir-mudik di teluk Ujunggenteng juga tampak sangat jelas. 
Meski jarak antara Palabuhan Ratu dan Puncak Habibie hanya sekitar 18 kilometer dan bisa ditempuh dalam 30 menit, para "pemburu" matahari terbit umumnya berangkat dari Palabuhan Ratu pukul 03.30 WIB agar tak ketinggalan momen. 
Berbagai versi tentang nama Puncak Habibie ini ditorehkan di tempat itu. Sebagian mengatakan penamaan itu karena presiden ketiga RI, BJ Habibie, memiliki lahan dan vila di daerah tersebut.

Namun, ada juga yang mengatakan bahwa nama itu dipakai karena di tempat itu terdapat kantor Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN), yang kini menjadi PT Dirgantara Indonesia (DI). Tetapi apapun versi penamaan, Puncak Habibie ini patut dilirik jika ingin melihat sunrise di Sukabumi (bpp/kpc)

1 komentar: